A. Layanan Telematika :
Layanan Informasi
Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini
telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaraan yang bergerak
seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang disebut GPS, Layanan ini
menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti mobil untuk memberikan
informasi kepada masyarakat.
Contoh dari layanan informasi tersebut adalah sebagai petunjuk jalan. Dan
beberapa contoh lainnya adalah :
a. M – Commerce
b. VOD
c. News and weather
d. Telematik Terminal
e. Jasa pelayanan internet
f. Informasi lalu lintas terbaru
Layanan Keamanan
Layanan keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu
data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Sistem dari keamanan ini
juga membantu untuk mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan
menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini
adalah memberikan peningkatan keamanan tertentu untuk jaringan serta untuk
memantau dan memberikan informasi jika sesuatu berjalan tidak seharusnya.
Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya
dengan menggunakan Firewall dan juga anti virus yang ada.
Layanan Context Aware & Event Base
Dalam ilmu komputer terdapat pernyataan bahwa perangkat komputer mempunyai
kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan
informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalamnya. Gagasan inilah
yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah
context-awareness.
Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui
berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user)
dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan yaitu data dasar
user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang
digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang user sedang mengadakan acara
pesta ulang tahunnya, maka context-aware pada mobile phone yang dimiliki user
akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan acara ulang tahun dan
akan menolak semua panggilan telepon yang tidak berkaitan dengan acara
tersebut. Pada sekarang ini sangat dibutuhkan suatu teknologi yang dapat
memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses informasi setiap saat user
membutuhkannya. Yang disebut context-aware computing yang dapat memenuhi
kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting untuk dikembangkan
kedepannya. Dengan adanya context aware, user tidak perlu selalu memberikan
input yang secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugas-tugasnya.
Beberapa bagian dari context awareness telah mulai dikembangkan. Misalnya
LBS: location-based service. Ketika user mencari keyword tertentu, maka user
akan memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada posisi user itu berada.
Ini juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan informasi yang di inputkan
dari user. Sebagai contoh user tersebut mencari data lokasi dimana posisi
keberadaan user sekarang berada.
Layanan Perbaikan sumber (Resource Discovery
Service)
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource
Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan
lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam
sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas
yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya
manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas
dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan
digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi dan bidang politik,
yaitu :
·
Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan kapasitas ekonomi,
berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan jasa.
·
Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada pelayanan public sehingga
menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan
dilihat dari dua aspek, yaitu :
1. Pengembangan peningkatan kapasitas industry.
2. Pengembangan layana publik.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut
:
a)
Peningkatan kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap
peningkatan kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi
sebagai katalisator pembangaunan.
b)
Literasi masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan
kepada old generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh
Tapscott.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar